Jenis Dan Fungsi Pensil Berdasarkan Ketebalan Untuk Menghasilkan Gambar Terbaik

Post oleh : Irma Septya Wardani | Rilis : April 07, 2018 | Series :
Kalian pastinya sudah tidak asing lagi kan dengan pensil kayu. Pensil ini merupakan jenis pensil yang paling banyak digunakan secara umum. Pensil ini berbentuk panjang bulat dengan mata pensil ditengah. Bahan yang digunakan untuk nata pensil nya sangat beragaram, ada yang beisi grafit, arang, kapur, atau bahkan dengan berbagai macam campuran bahan.

Kali ini kita akan membahas kegunaan dan ketebalan mata pensil yang berisi atau terbuat dari grafit saja, karena merupakan jenis yang sangat umum digunakan untuk menggambar maupun menulis.

Seperti yang kita ketahui bahwa pensil ini memiliki ukuran atau jenis ketebelan pensil yang bermacam-macam, mulai dari yang paling tipis sampai dengan yang paling tebal, yaitu 9H, 8H, 7H, 6H, 5H, 4H, 3H, 2H, H, HB, B, 2B, 3B, 4B, 5B, 6B, 7B :


Ketebalan Pensil

Untuk menghasilkan sebuah gambar atau karya seni terbaik, kita wajib mengetahui macam jenis pensil dan fungsi nya. Berikut penjelasannya :

Lunak
Untuk jenis pensil ini biasanya memiliki kode dengan huruf B, seperti 2B, 3B, 4B, 5B, 6B, dan 7B. semakin angka maka semakin lunak dan semakin pekat goresan yang dihasilkan. *B=Black

Sedang
Jenis pensil ini tidak teralau keras dan tida begitu lunak, biasanya pensil jenis ini ditandai dengan huruf dan angka seperti H, HB, F, 2H dan 3H. *B=black, HB= Half black, H= hard, F= firm

Keras
Pensil dengan kepadatan yang keras, biasanya digunakan untuk membuat sketch bangunan karena memiliki efek warna yang tidak begitu gelap bahkan cenderung berwarna abu-abu. Jenis ini biasanya ditandai dengan kode huruf dan angka 4H, 5H, 6H, 7H,8H, 9H. *H=Hard
Untuk fungsi nya sendiri dalam menggabar, pensil dengan tingkat ketebalan rendah seperti H, B, HB, dan 2B lebih sering digunakan untuk membuat sktesa awal atau gambar rancang.

Untuk pensil dengan ketebalan sedang seperti 3B, 4B, dan 5B digunakan untuk membuat outline dan arsiran.

Untuk pensil dengan kadar kehitaman yang pekat seperti 6B, 7B, dan 8B digunakan untuk membuat efek seperti pencahayan, dan sebagainya tergantung keperluan gambar.
Untuk menggambar mempertimbangkan jenis-jenis pensil dan ketebalannya sangat perlu diperhatikan, penggunaan pensil yang tepat dapat mendapatkan hasil gambar yang sesuai keinginan kita disamping skill menggambar yang paling utama yaitu dengan latihan rutin.

Berikut ini merupakan jenis-jenis pensil serta ketebalannya

1.       Pensil Biasa Satu Warna
Pensil ini mempunyai gagang kayu, terdapat beberapa jenis ketebalannya yang paling rendah sampai yang paling tebal yaitu 9H, 8H, 7H, 6H, 5H, 4H, 3H, 2H, H, HB, B, 2B, 3B, 4B, 5B, 6B, 7B, 8B, 9B

2.       Pensil Mekanik
Pensil mekanik merupakan pensil terobosan terbaru dimana pensil mekanik kelebihannya dapat diisi ulang serta tingkat diameter anak pensilnya berbeda-beda mulai dari 0.25, 0.35, 0.5, dan 0.7 jenis ketebalannya goresan pensil mekanik hampir sama dengan pensil biasa gagang kayu.

3.       Pensil Warna
Pensil warna mempunyai jenis warna yang berbeda-beda setiap set/kotaknya ada 12 warna, 24 warna, 48 warna bahkan lebih, tergantung produsen yang memproduksi pensil warna tersebut.

4.       Conte
Pensil Conte merupakan pensil yang terbuat dari arang dimana hasil goresannya cenderung lebih pekat. Biasanya pensil conte dipergunakan untuk membuat potrait wajah, penggunaanny perlu ketelitan yang lebih sebab jika salah dalam teknik memakai conte bisa-bisa gambar akan kotor.

Itulah beberapa jenis pensil yang sering digunakan untuk menggambar, mungkin masih banyak lagi jenis pensil yang lainnya beredar di pasaran dan sering anda gunakan, silahkan bagi pengalaman anda tentang jenis-jenis pensil yang sering anda gunakan di kolom komentar dibawah. Semoga Bermanfaat. Irma septya wardani

google+

linkedin

1 komentar:

Tulis komentar