Pengertian Desain Busana

Post oleh : Irma Septya Wardani | Rilis : July 05, 2018 | Series :
Pengertian Desain
1) Desain adalah suatu rancangan atau gambaran suatu objek/benda, dibuat berdasarkan susunan dari garis,bentuk,tekstur,dan warna.
2) Rancangan yang merupakan susunan dari garis,bentuk,ukuran,warna,tekstur,dan value dari suatu benda yang dibuat berdasarkan prinsip-prinsip desain.
3) Proses perancangan bentuk dengan tujuan supaya benda yang dirancang mempunyai fungsi/berguna serta mempunyai nilai keindahan.
4) Desain merupakan bentuk rumusan dari suatu proses pemikiran,pertimbangan,dan perhitungan dari desainer yang dituangkan dalam wujud gambar.
5)Desain adalah suatu hasil karya indah manusia dalam menciptakan susunan garis,warna,bentuk,serta tekstur supaya diperhatikan orang lain.
    Desain dalam bahasa inggris berarti rancangan rencana atau regarupa sehingga munculah kata mencipta,memikir,dan merancang. Kesimpulannya desain merupakan bentuk rumusan dari suatu proses pemikiran,pertimbangan, dan perhitungan dari desainer.

Fungsi Desain
1) Sebagai pedoman seseorang dalam mewujudkan desain kebentuk sebenarnya.
2) Supaya benda yang dirancang mempunyai fungsi atau berguna serta mempunyai nilai.           keindahan.

Jenis-Jenis Desain
1) Desain Struktur (Structural Design)
2) Desain Hiasan (Decorative Design)

Syarat-Syarat Desain :
1. Mudah dimengerti atau dipahami oleh orang lain.
2. Mudah diwujudkan kedalam bentuk benda yang sebenarnya.
3. Mempunyai fungsi atau berguna serta mempunyai nilai keindahan.


Aspek-Aspek Desain
1. Fungsional (Desain yang memperhatikan tentang manfaat dan penampilan busana yang dipakai seseorang).
2. Struktural (Aspek struktural pada busana adalah susunan garis,bentuk yang dipadupadankan menjadi suatu rancangan model busana)
3. Dekoratif (Desain busana yang dibuat untuk memperindah desain struktural yang baik sebagai hiasan saja atau mempunyai fungsi ganda).

google+

linkedin