Jenis-Jenis Mesin Jahit dan Fungsinya

Post oleh : Irma Septya Wardani | Rilis : March 29, 2018 | Series :

Jenis-jenis Mesin Jahit dan Fungsinya

Seperti yang kita ketahui, mesin jahit fungsinya untuk menggabungkan bagian-bagian pakaian sehingga menjadi pakaian yang diinginkan. Selain untuk menjahit pakaian, mesin jahit juga bisa digunakan untuk menjahit tas, dompet, topi, dan produk-produk lainnya. Dengan menjahit menggunakan mesin jahit, diharapkan pekerjaan menjadi lebih cepat selesai dibandingkan dengan menggunakan tangan. Hasil jahitan dengan mesin juga lebih kuat dan rapi.
Berikut ini mesin jahit yang sering digunakan ibu-ibu rumah tangga serta beberapa jenis mesin jahit yang sering digunakan perusahaan garment dan para penjahit professional sebagai bekal mata pencaharian mereka.

Mesin Jahit Klasik 
Mesin jahit Klasik yaitu mesin jahit tradisional yang masih banyak peminatnya. Mesin jahit ini masih megunakan tagan untuk mengerakan mesin dan kaki untuk menjalankan. Semakin berkembangnya zaman sekarang mesin jahit klasik sudah di legkapi dinamo atau motor listrik yang lebih efisien dan meng hemat tenaga
Mesin Lubang Kancing
Mesin lubang kancing berfungsi untuk membuat jahitan atau untuk membuat lubang kancing baju. Agar lubang kancing yang telah sobek atau memamjang tidak kemana-mana dan mempercepat proses pengerjaan. Dengan adanya mesin lubang kancing ini dapat memberikan batas untuk kancing itu sendiri. Contohnya pada kemeja, jas, celana dan lain-lain yang menggunakan kancing. Dari tipe-tipe tertenu mesin ini dapat sekaligus memasang kancing sehingga lebih cepat dan praktis.

Mesin Jahit Obras
Biasanyanya mesin jahit ini di gunakan untuk merapikan jahitan. Agar jahitan atau pakaian yang sudah di jahit serat kain yang berada ditepi tidak lepas atau agar jahitan lebih rapi karena terdapat pisai pemotong yang dapat membersihkan sisa-sisa jahitan dan memperkuat jahitan agar tidak gampang lepas.

Mesin Neci
Mesin neci digunakan untuk menjahit pingiran kain. Biasanya pingiran kain dijahit kelim. Pada pembuatan kerudung misalnya. Dengan adanya mesin neci, maka tepian akan lebih rapi karena dilengkapi dengan pisau pemotong yang dapat merapikan sisa-sisa kain.

Mesin Jahit High Speed
Dari namanya kita bisa mengetahui bahwa mesin jahit ini adalah mesin dengan kecepatan tinggi. Dengan system yang sudah dilengkapi dengan pemotong benang sendiri dan mengunci jahitan di awal dan di akhir penjahitan. Pengguna mesin ini tentu harus memiliki keahlian khusus. Menggunakan mesin jahit ini memberikan kualitas jahitan yang baik, dan hasil penjahitan juga lebih banyak sehingga tingkat efisien waktu lebih hemat, dan tentunya akan menekan biaya produksi. Mesin ini sangat cocok untuk anda yang ingin membuka usaha konveksi.


Mesin Jahit Automatic
Mesin jahit automatic sudah menggunakan sistem digital dalam penggunaannya. Mesin ini dibekali dengan sistem komputer dengan kecepatan tinggi, memberikan anda sensasi dan sentuhan yang baru pada mesin jahit ini. Layar monitor disediakan kepada pengguna untuk melakukan penyetelan dari tahap awal sampai akhir proses menjahit. Hanya dengan menekan tombol konfigurasi yang ada pada bagian body mesin, kita bisa mendapatkan berbagai jenis jahitan.
Mesin ini juga dilengkapi alat memotong benang secara otomatis, mengikat jahitan di bagian awal dan akhir bahkan mampu mengatur pada langkah ke berapa jahitan akan berhenti. Mesin jahit digital ini cocok untuk industri kreatif karena variasi jahitan di mesin ini cukup banyak, jadi kreativitas kita bisa disalurkan di mesin jahit ini.

Mesin Jahit Jarum Dua Rantai
Mesin ini menggunakan dua jarum untuk menghasilkan dua baris jahitan rantai yang tegas dan elastis, cocok untuk jahitan biasa dan jahitan dekoratif. Mesin jahit dengan tipe ini biasanya digunakan untuk menjahit bedcover, pakaian dalam, material kulit, dan jahitan dekoratif lainnya. Mesin jahit ini banyak digunakan di industri garment dan usaha konveksi yang memproduksi kaos dan menjadi salah satu standar jahitan yang diberikan oleh pemesan.

Mesin Jahit Overdeck
Mesin jahit overdeck memiliki sistem pelumasan secara otomatis tertutup yang lengkap, drive utama mesin ini juga mengadopsi timing belt untuk lebih menjamin kecepatan tinggi dan mengurangi suara bising yang ditimbulkan. Mesin jahit overdeck harus memiliki service khusus untuk tetap menjaga dan meningkatkan kapasitas dari arus tahun ke tahunnya.
Model dasar mesin jahit ini dapat membentuk dasar menjahit dan sampai ke tingkat lanjut. Mesin jahit overdeck sendiri biasa digunakan untuk pembuatan khusus pakaian berbahan dasar kaos. Tak hanya itu mesin jahit overdeck juga dapat digunakan untuk menjahit resleting milon dan scallop yang biasa ada pada pakaian.

Mesin Jahit Overlock
Mesin jahit overlock adalah mesin yang digunakan untuk menjahit atau menggabungkan dua bahan jahitan. Mesin ini juga bisa digunakan untuk menjahit tepi bahan. Hasil jahitan dari mesin overlock ini mirip dengan jahitan obras bedanya jahitan overlock lebih halus dan rapi.

Mesin Jahit Zig-zag
Mesin jahit zig-zag adalah mesin yang dikhususkan untuk menyambung dua bahan. Biasanya mesin khusus jahitan zig-zag ini digunakan oleh industri berskala besar misalnya industri garment dan pabrik sepatu untuk memudahkan proses produksi. Kini mesin jahit portable juga mampu membuat jahitan zig-zag.

Mesin Jahit Bordir
Mesin jahit bordir ini digunakan untuk membuat bordiran atau menyulam secara otomatis tanpa menggunakan tangan. Mesin ini dipakai untuk membuat pola pada selembar kain dengan sulaman benang. Mesin ini bekerja professional dan terhubung dengan komputer serta memiliki kualitas yang bagus. Mesin bordir komputer dengan harga yang terjangkau dapat beradaptasi dengan penggunanya.

Dengan menggunakan mesin bordir, anda dapat membuat sebuah desain yang cantik serta rumit dengan mudah. Anda juga bisa membuat desain bordir pada baju anda sendiri contohnya adalah kebaya dengan bordir di sekelilingnya. Selain hasilnya yang sangat bagus, desain pada motifnya juga sangat cantik. Mesin bordir ini sangat cocok untuk anda yang ingin membuka usaha butik.

Dan demikian articel apabila ada kesalahan mohon maaf. Semoga articel ini bermanfaat. Terimakasih.

google+

linkedin